Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Inkuiri Terpimpin Materi Induksi Magnetik Dan Induksi Elektromagnetik Untuk SMA Kelas XII IPA

Desmalinda, Desmalinda (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Inkuiri Terpimpin Materi Induksi Magnetik Dan Induksi Elektromagnetik Untuk SMA Kelas XII IPA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_DESMALINDA_11093_5008_2012.pdf] Text
final_3_DESMALINDA_11093_5008_2012.pdf

Download (115kB)

Abstract

Materi induksi magnetik dan induksi elektromagnetik menuntut siswa untuk dapat memahami dan memperoleh kompetensi belajar lewat pengalaman langsung yang didasari konsep learning by doing. Pembelajaran ini dapat dilakukan melalui pendekatan inkuiri terpimpin. Untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terpimpin dibutuhkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi inkuiri terpimpin pada materi induksi magnetik dan induksi elektromagnetik yang valid dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berorientasi inkuiri terpimpin materi induksi magnetik dan induksi elektromagnetik untuk SMA kelas XII IPA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model Core elements of instructional development. Adapun tahapan penelitian adalah analisis (Analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), evaluasi (evaluate), dan implementasi ( implementation). Instrumen yang digunakan adalah angket berupa lembar validasi RPP, lembar validasi LKS, lembar validasi Hand Out, angket respon guru dan angket respon siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika berorientasi inkuiri terpimpin materi Induksi Magnetik dan Induksi Elektromagnetik untuk SMA kelas XII IPA. Perangkat pembelajaran fisika yang dihasilkan adalah RPP, LKS dan Hand Out. Hasil analisis data lembar validasi menunjukkan RPP yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 96%. LKS dan Hand Out yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 95%. Hasil praktikalitas dari angket respon guru menunjukkan perangkat yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase 82,5%. Angket respon siswa LKS dan Hand Out yang dikembangkan praktis dengan persentase 80%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan rancangan model Core elements of instructional development.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:23
Last Modified: 22 Dec 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34240

Actions (login required)

View Item
View Item