Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP-CO-OP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kota Baru Jambi

Rahmawarni, Desi (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP-CO-OP Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kota Baru Jambi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_DESI_RAHMAWARNI_1103979_6449_2013.pdf] Text
final_3_DESI_RAHMAWARNI_1103979_6449_2013.pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pada proses pembelajaran, bahwa kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kurang dikembangkan. Akibatnya, kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa menjadi rendah. Terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis yang diperoleh siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan Model pembelajaran Koopertif tipe Co-op Co-op. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa SMP Negeri di Kecamatan Kotabaru Jambi. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 8 Jambi sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIID SMP Negeri 16 Jambi sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t’ dan uji Mann Whitney u Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (2) kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah yang mengikuti pembelajaran konvensional. ii

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika SMP, Quasi Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 10:19
Last Modified: 22 Dec 2025 11:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34237

Actions (login required)

View Item
View Item