Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang

Sihotang, Yosni Juni Dola (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_YOSNI_JUNI_DOLA_SIHOTANG_1101880_3919_2016.pdf] Text
final_B1_1_YOSNI_JUNI_DOLA_SIHOTANG_1101880_3919_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Statika dan Tegangan. Dalam penelitian ini diterapkan model pembelajarn Student Facilitator And Explaining. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran SFE terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Staika dan Tegangan kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang. Penelitian ini termaksud penelitian True Eksperimental dengan rancangan penelitian Pretest-Posstets Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa kelas X TGB. Sampel dalam penelitian ini terpilih 2 kelas t=yaitu kelas X GB-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X GB-B sebagai kelas kontrol. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest) yang berbentuk soal objektif 20 butir soal yang telah diuji validitasnya, reabilitasnya, indeks kesukaran soal dan daya beda soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t (perbedaan dua rata-rata) dengan menggunakan Gain Score (Selisih nilai postets). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen dengan rata-rata skor postest 86, 93, sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata skor postets 73,93. Setelah itu dilakukan uji t diperoleh thitung = 3,951 dan ttabel = 2,000 pada signifikansi α=0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajan SFE terdapat pengaruh yang sigmifikan terhadap hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe SFE, Hasil Belajar, Ilmu Statika dan Bangunan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 10:06
Last Modified: 22 Dec 2025 10:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34236

Actions (login required)

View Item
View Item