Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbahasa Inggris Berorientasi Pembelajaran Konstruktivis dan Indikator Dampak terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMAN 10 Padang

Sari, Silvi Yulia (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbahasa Inggris Berorientasi Pembelajaran Konstruktivis dan Indikator Dampak terhadap Kompetensi Siswa Kelas X SMAN 10 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_SILVI_YULIA_SARI_19853_5418_2012.pdf] Text
final_3_SILVI_YULIA_SARI_19853_5418_2012.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum tersedianya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan dapat mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif, interaktif, dan menyenangkan. Selain itu, perangkat pembelajaran yang tersedia belum mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif dan belajar dengan membangun pengetahuan mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan konstruktivis yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mengetahui indikator dampaknya terhadap kompetensi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D. Adapun tahap penelitian adalah pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis kurikulum, analisis siswa, dan analisis konsep. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran, berupa silabus, RPP, LKS, dan penilaian. Selanjutnya, pada tahap pengembangan dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran, angket praktikalitas, dan lembaran observasi. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian (kognitif, afektif dan psikomotor) yang dikembangkan sangat valid dengan persentase rata-rata silabus 95,5%, persentase rata-rata RPP 98,8%, persentase rata-rata LKS 97,3%, dan persentase rata-rata penilaian 97%. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase rata-rata kepraktisan oleh guru terhadap silabus adalah 100%, RPP 91,5%, LKS 95%, persentase rata-rata untuk penilaian sebesar 94%, dan hasil analisis terhadap angket praktikalitas siswa sebesar 90,1%. Berdasarkan hasil uji efektivitas, dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat efektif digunakan. Kemudian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan peningkatan indikator dampak seperti pengetahuan, kemampuan berpikir kritis, ketelitian dalam bekerja, kerja sama, serta memberikan tanggapan dan ide dalam diskusi. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi pembelajaran konstruktivis yang valid, praktis, efektif, dan menunjukkan peningkatan indikator dampak

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 17:47
Last Modified: 24 Dec 2025 17:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34234

Actions (login required)

View Item
View Item