Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Berbantuan Peta Pikiran SIswa Kelas XII 1 SMA Negeri 2 Bayang

Erlina, Desi (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Berbantuan Peta Pikiran SIswa Kelas XII 1 SMA Negeri 2 Bayang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_DESI_ERLINA_51956_2962_2012.pdf] Text
final_3_DESI_ERLINA_51956_2962_2012.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis esai. Hal ini terlihat dari beberapa kelemahan yang terdapat pada esai yang dihasilkan siswa, seperti struktur yang tidak lengkap, bahasa yang tidak efektif, dan paragraf yang tidak koheren. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan solusi yang tepat yaitu dengan menggunakan bantuan peta pikiran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Bayang dengan jumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui format observasi, pedoman wawancara, angket, catatan lapangan, dan tes unjuk kerja. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan yang signifikan baik dari segi proses maupun hasil pembelajaran. Aktivitas siswa seperti persiapan belajar, keantusiasan terhadap materi pembelajaran, ketekunan mengerjakan tugas, dan keaktifan mengemukakan pendapat meningkat mulai dari siklus I hingga siklus II. Begitu pula dengan esai yang dihasilkan siswa, setiap siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa peta pikiran membantu siswa dalam menulis esai secara terstruktur sehingga memperoleh hasil yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: indahnya keterampilan siswa dalam menulis esai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 09:06
Last Modified: 22 Dec 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34233

Actions (login required)

View Item
View Item