Efektivitas Model Pembelajaran Write Pair Share (WPS) dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Fisika Siswa Ditinjau dari Pengetahuan Awal

Trisna, Silvi (2012) Efektivitas Model Pembelajaran Write Pair Share (WPS) dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Fisika Siswa Ditinjau dari Pengetahuan Awal. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_SILVI_TRISNA_19852_6330_2012.pdf] Text
final_3_SILVI_TRISNA_19852_6330_2012.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep fisika siswa yang masih relatif rendah. Rendahnya kompetensi belajar fisika siswa disebabkan oleh kurangnya pengetahuan awal siswa sehingga siswa masih terkendala untuk belajar secara mandiri, dan terbiasa menunggu penjelasan dari guru tanpa ada motivasi untuk menggali informasi sendiri. Hal ini mengakibatkan kemampuan berfikir siswa untuk menganalisis setiap permasalahan yang diberikan menjadi rendah. Untuk itu dilakukan upaya yang dapat membuat siswa belajar secara aktif dan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan menggunakan model pembelajaran Write Pair Share (WPS). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) apakah pembelajaran dengan model Write Pair Share (WPS) dapat meningkatkan kompetensi belajar fisika siswa; (2) apakah pembelajaran dengan model Write Pair Share (WPS) dapat meningkatkan kompetensi belajar fisika siswa berpengetahuan awal tinggi; (3) apakah pembelajaran dengan model Write Pair Share (WPS) dapat meningkatkan kompetensi belajar fisika siswa berpengetahuan awal rendah. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, kemudian terpilih kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal dan hasil belajar, kemudian dianalisis dengan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang berarti penerapan model pembelajaran Write Pair Share (WPS) terhadap hasil kompetensi belajar fisika siswa; (2) Terdapat perbedaan yang berarti penerapan model pembelajaran Write Pair Share (WPS) terhadap hasil kompetensi belajar fisika siswa berpengetahuan awal tinggi; (3) Tidak terdapat perbedaan yang berarti penerapan model pembelajaran Write Pair Share (WPS) terhadap hasil kompetensi belajar fisika siswa berpengetahuan awal rendah. Berdasarkan analisis data maka diperoleh bahwa : (1) Kompetensi belajar fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Write Pair Share (WPS) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran klasikal; (2) Kompetensi belajar fisika siswa berpengetahuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Write Pair Share (WPS) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran klasikal; (3) Kompetensi belajar fisika siswa berpengetahuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Write Pair Share (WPS) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran klasikal tetapi tidak terdapat perbedaan yang berarti.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN WRITE PAIR SHARE (WPS), PEMBELAJARAN FISIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 15:47
Last Modified: 24 Dec 2025 15:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item
View Item