Asih, Eka Nur (2014) Perbedaan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Mind Mapping dan Metode Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Merangin. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_EKA_NUR_ASIH_12146_1312_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang tiga hal berikut. Pertama, hasil belajar keterampilan menulis cerpen melalui metode mind mapping siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin. Kedua,hasil belajar keterampilan menulis cerpen melalui metode PBL siswa kelas X SMA Negeri 8
Merangin. Ketiga, perbedaan hasil belajar keterampilan menulis cerpen melalui metode mind mapping dan metode problem based learning (PBL) siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan the randomized group posstest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas eksperimen yang ditentukan berdasarkan jumlah siswa dalam kelas.
Data penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin dari hasil tes keterampilan menulis cerpen melalui metode mind mapping dan metode PBL. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus presentase, rumus rata-rata hitung, uji statistik menggunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas dan homogentitas data, dan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar keterampilan menulis cerpen melalui metode mind mapping dan metode problem based learning (PBL) siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, hasil belajar keterampilan menulis cerpen melalui metode mind
mapping siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 80,81. Kedua, hasil belajar keterampilan menulis cerpen
melalui metode PBL siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata hitung 74,75. Ketiga,setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitung = 2,11 dan t tabel = 1,7824 yaitu t
maka H diterima. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar keterampilan menulis cerpen melalui metode mind mapping dan metode PBL siswa kelas X SMA Negeri 8 Merangin.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Menulis cerpen, Siswa, SMA |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 15:51 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 15:51 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34224 |
