Setiawati, Setiawati (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Hidrokarbon Ditinjau dari Sikap Ilmiah di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_SETIAWATI_19493_3387_2013.pdf
Download (140kB)
Abstract
Pengelolaan pembelajaran merupakan kegiatan yang bertujuan mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan adanya interaksi antara guru dan siswa. Namun permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran di SMAN 2 Siak Hulu adalah hasil belajar siswa masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru. Cara mengajar guru yang monoton. Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Masih banyak siswa yang enggan bertanya apalagi mengemukakan pendapat pada saat pembelajaran ini disebabkan siswa malu dan tidak mengerti dengan konsep yang diajarkan oleh guru. Pada waktu kegiatan praktikum, sebagian siswa masih ada yang belum bersungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Siak Hulu pada materi pokok Hidrokarbon. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), Think Pair Share (TPS) dan pembelajaran konvensional dimana ketiga model ini memiliki persamaan dan perbedaan dalam penerapannya dan ditinjau dari sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, waktu pengambilan data dari tanggal 6 Maret-23 Mei 2012. Sampel terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X6 , X 7 dan X 8 . Teknik analisis data menggunakan anova satu arah untuk pertama, kedua, ketiga, anava dua untuk hipotesis ke empat dan uji Scheffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, TPS, dan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia antara siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, TPS, dan pembelajaran konvensional, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kimia antara siswa yang mempunyai sikap ilmiah rendah dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, TPS, dan pembelajaran konvensional (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD, TPS, dan pembelajaran konvensional dengan hasil belajar kimia ditinjau dari sikap ilmiah siswa
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Student Team Achievementdivisions (STAD), Think Pair Share |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 17:29 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 17:29 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34204 |
