Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Memperhatikan Gaya Belajar Siswa di Kelas X MA Negeri 2 Padang

Erlinda, Santi (2012) Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Memperhatikan Gaya Belajar Siswa di Kelas X MA Negeri 2 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_SANTI_ERLINDA_11197_6522_2012.pdf] Text
final_3_SANTI_ERLINDA_11197_6522_2012.pdf

Download (371kB)

Abstract

Pembelajaran matematika masih didominasi oleh penggunaan model pembelajaran konvensional. Akibatnya, kemampuan siswa dalam mengungkapkan suatu masalah tidak terarahkan dengan baik, dan siswa sering kesulitan memecahkan soal-soal yang berbeda dengan contoh soal yang diberikan oleh guru. Beberapa hal tersebut merupakan faktor yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing dan pembelajaran konvensional, dengan memperhatikan gaya belajar siswa, serta ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Negeri 2 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X5 terpilih sebagai kelas eksperimen kelas X4 sebagai kelas kontrol. Sebelum melakukan penelitian ini, terlebih dahulu dilakukan studi awal untuk menentukan tipe gaya belajar siswa dengan cara menyebar angket gaya belajar. Data penelitian diperoleh melalui pemberian tes di akhir penelitian. Data dianalisis dengan melakukan uji t dan anava dua arah. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan model problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan model konvensional. Hasil belajar matematika siswa tipe auditori dengan model problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tipe auditori dengan model konvensional. Hasil belajar matematika siswa tipe visual dengan model problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tipe visual dengan model konvensional. Namun, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PROBLEM POSING, GAYA BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 16:59
Last Modified: 24 Dec 2025 16:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item
View Item