Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian dalam Menyelesaikan Masalah Belajar (Studi Eksperimen pada Siswa SMP N 13 Padang)

Sari, Azmatul Khairiah (2012) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian dalam Menyelesaikan Masalah Belajar (Studi Eksperimen pada Siswa SMP N 13 Padang). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_AZMATUL_KHAIRIAH_SARI_19108_4946_2012.pdf] Text
B1_1_AZMATUL_KHAIRIAH_SARI_19108_4946_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Selama menjalani proses pembelajaran, siswa ada yang mengalami
masalah belajar dan ada yang tidak. Setiap siswa membutuhkan
kemandirian agar ia bisa mengatasi masalah belajar yang ia hadapi.
Bimbingan kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan kemandirian
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh layanan
bimbingan
kelompok dalam meningkatkan kemandirian siswa
menyelesaikan masalah belajar yang ia hadapi.
Sebuah penelitian eksperimental dengan rancangan pretest and
posttest control group design digunakan untuk menguji apakah layanan
bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemandirian menyelesaikan
masalah belajar menjadi lebih baik. Dua kelompok dipilih dalam sekolah
yang sama namun berbeda kelasnya di SMP N 13 Padang. Masing-masing
kelompok terdiri dari 11 siswa. Layanan bimbingan kelompok pada
kelompok eksperimen diadakan selama enam kali pertemuan. Data tentang
kemandirian dalam menyelesaikan masalah belajar dikumpulkan melalui
pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson
Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel dengan bantuan
SPSS versi 15.
Temuan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang
signifikan antara kemandirian dalam menyelesaikan masalah belajar siswa
pada pretest dan posttest siswa kelompok eksperimen. (2) tidak terdapat
perbedaan yang signifikan antara kemandirian dalam menyelesaikan
masalah belajar siswa pada pretest dan posttest siswa kelompok kontrol. (3)
terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian dalam menyelesaikan
masalah belajar siswa pada posttest kelompok kontrol dengan posttest
kelompok eksperimen.
Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemandirian
dalam menyelesaikan masalah belajar dapat ditingkatkan melalui bimbingan
kelompok. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan
frekuensi penggunaan layanan bimbingan kelompok di sekolah yang disertai
dengan adanya pengawasan dari guru dan konselor sehingga dapat
meningkatkan kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah belajar.
Perlu dilakukan penelitian yang serupa akan tetapi dilatarbelakangi oleh
konteks yang berbeda agar dapat membandingkan temuan dari hasil
penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:30
Last Modified: 10 Mar 2025 05:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item
View Item