Validitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA/ MA Validity of Elemental Chemistry E-Module Based on Guided Discovery Learning for Senior High School

Khaira, Ulfa and Yerimadesi, Yerimadesi (2021) Validitas E-Modul Kimia Unsur Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XII SMA/ MA Validity of Elemental Chemistry E-Module Based on Guided Discovery Learning for Senior High School. Entalpi Pendidikan Kimia, 2 (1). pp. 47-56. ISSN 2774-5171

[thumbnail of 6_Khiara_U_Yerimades_Validitas_E-Modul_Kimia_Unsur_berbasis_GDL_Entalpi_Pendidikan_Kimia_EPK_Vol_2_No_1.pdf] Text
6_Khiara_U_Yerimades_Validitas_E-Modul_Kimia_Unsur_berbasis_GDL_Entalpi_Pendidikan_Kimia_EPK_Vol_2_No_1.pdf

Download (1MB)

Abstract

E-modul kimia unsur berbasis guided discovery learning telah dikembangkan dan dianalisis tingkat validitasnya untuk membantu proses pembelajaran peserta didik. Penelitian ini tergolong kepada Research and Development dengan model Plomp. The e-module divalidasi oleh tujuh orang validator ahli materi dan tiga orang ahli media. Instumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas. Data dianalisa dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan formula kappa Cohen’s. Hasil uji validitas konten diperoleh nilai rata-rata CVR sebesar 0,986. Hasil uji validitas konstruk dan validitas ahli media diperoleh nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,90 dan 0,89. Data tersebut menunjukkan bahwa e-modul memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid serta dapat dilakukan uji praktikalitas dan efektifitasnya.Kata Kunci: e-modul, guided discovery learning, kimia unsur

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-modul, guided discovery learning, kimia unsur
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Aditya Shawfani S.Pd
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:13
Last Modified: 10 Mar 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item
View Item