Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI Semester 2

Nitiaroza, Nitiaroza (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Kelas XI Semester 2. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_NITIAROZA_15205029_4413_2018.pdf] Text
final_03_NITIAROZA_15205029_4413_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika sebagai pembelajaran yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya disukai oleh peserta didik. Pembelajaran diupayakanberasal dari permasalahan yang dekat dengan kehidupan peserta didik, tetapi kenyataan di lapangan tidak demikian. Salah satu penyebabnya adalah perangkat pembelajaran yang tidak sesuai dengan tututan kurikulum, yaitu model pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran matematika salah satunya adalah discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning pada materi kelas XI semester 2 yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research (analisis pendahuluan), prototyping phase (tahap perancangan), dan assessment phase (tahap penilaian). Data dalam penelitian ini adalah data analisis pendahuluan, data validasi, data praktikalitas, dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar wawancara, lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian pada tahap preliminary research yaitu dibutuhkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning. Hasil dari tahap perancangan (prototyping phase) yaitu hasil prototipe I divalidasi oleh pakar sehingga diperoleh kriteria sangat valid, pada tahap uji coba lapangan pada pada evaluasi satu-satu dan kelompok kecil hasil analisis lembar pratikalitas maka menghasikan prototipe II dan IIIdengan kriteria sangat praktis. Lebih lanjut, hasil tahap penilaian (assesment phase) adalah sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh perangkat pembelajaran matematika berbasis Discovery Learning dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Matematika, Discovery Learning, Penelitian Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:33
Last Modified: 22 Dec 2025 07:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34099

Actions (login required)

View Item
View Item