“Pengembangan Media Digital Game-Based Learning (DGBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kronologis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA

Irawan, Dicky (2018) “Pengembangan Media Digital Game-Based Learning (DGBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kronologis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DICKY_IRAWAN_1302109_2958_2018.pdf] Text
final_B1_02_DICKY_IRAWAN_1302109_2958_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran yang secara maksimal menekankan pada aspek berpikir kronologis yang merupakan salah satu aspek dari berpikir historis. Media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media DGBL yang layak dan praktis dalam pembelajaran sejarah. 2) Mengungkapkan efektivitas media Digital Game-based Learning (DGBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 29 siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang kelas XI MIPA 6. Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media yaitu 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media untuk melihat kelayakan media sebelum dilakukan uji coba. Selain itu, juga dilakukan uji praktikalitas oleh 2 orang guru sejarah dan 29 orang siswa untuk melihat kepraktisan media DGBL. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Media DGBL, Angket Uji Validasi media dan angket praktikalitas penggunaan media DGBL. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa media Digital Game-based Learning (DGBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi menyatakan media DGBL sangat layak digunakan dengan data rerata penelitian sebesar 4,18, sedangkan kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli media menyatakan media DGBL sangat layak digunakan dengan rerata penelitian terhadap media diperoleh skor 4,26. Produk penelitian efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa dengan n-gain 0,67 dan dikategorikan sedang. Produk penelitian juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata 4,68 dan 4,6.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Digital Game-Based Learning (DGBL), Berpikir Kronologis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:40
Last Modified: 22 Dec 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34081

Actions (login required)

View Item
View Item