Febrianti, Febrianti (2018) Penerapan Analisis Konfirmatori untuk Mengetahui Faktor Kesulitan Mahasiswa Memahami Materi pada Buku Referensi (Studi Kasus Mahasiswa Statistika FMIPA UNP Angkatan 2014-2016). Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_02_FEBRIANTI_14037012_408_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kesulitan mahasiswa dalam memahami materi yang sulit dipelajari saat perkuliahan dan ditambah lagi dengan pemahaman dan penggunaan buku referensi berbahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji model yang dihipotesiskan dan mengetahui hubungan variabel indikator dan variabel laten dari faktor kesulitan mahasiswa statistika dalam memahami materi menggunakan buku referensi di Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Statistika UNP periode Januari-Juni 2017 dengan sampel berjumlah 96 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 15 item pernyataan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konfirmatori. Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan sebuah model analisis konfirmatori tentang faktor kesulitan mahasiswa statistika dalam memahami materi pada buku referensi di Universitas Negeri Padang. Pada variabel laten minat belajar (�1) terdapat empat variabel indikator yang berpengaruh yaitu perasaan senang terhadap pelajaran (�1), ketertarikan belajar (�2), perhatian mahasiswa terhadap pelajaran �3 , dan keterlibatan mahasiswa terhadap pelajaran (�4). Pada variabel laten motivasi belajar (�2) terdapat tiga variabel indikator yang berpengaruh yaitu tekun dalam belajar dan mengerjakan tugas (�5), cepat merasa bosan dalam mengikuti pelajaran (�6), dan ulet dalam menghadapi kesulitan (�7). Pada variabel laten lingkungan keluarga (�3) terdapat dua variabel indikator yang berpengaruh yaitu suasana rumah (�11) dan perhatian orang tua terhadap anak (�12). Pada variabel laten lingkungan kampus (�4) terdapat tiga variabel indikator yang berpengaruh yaitu sarana dan prasarana (�13), fasilitas belajar (�13) dan hubungan mahasiswa dengan dosen �15 .
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kesulitan belajar, Analisis Konfirmatori, Variabel Laten, Variabel Indikator |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 08:54 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 08:54 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34059 |
