Ernis, Poni (2012) Pemerolehan Kalimat Bahasa Indonesia Anak Usia 5;0 ─ 6;0 Tahun (Studi Kasus Anak TK Ganesa PTPN Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota). Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_PONI_ERNIS_51430_2720_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Masalah penelitian ini adalah perkembangan pemerolehan kalimat bahasa Indonesia pada anak TK. Hal ini disebabkan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan keadaan anak yang berasal dari keluarga yang berkecukupan dan dekat dengan teknologi akan mendukung untuk memiliki kosakata yang lebih ba nyak dibandingkan dengan anak-anak lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemerolehan kalimat bahasa Indonesia anak usia 5;0 ─ 6;0 tahun di TK Ganesa Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota. Analisis difokuskan pada (1) bentuk sintaksis, (2) jumlah klausa, dan (3) kelengkapan unsur kalimat. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Informan penelitian berjum lah sembilan orang siswa. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Untuk memperoleh data di lapangan peneliti menggunakan metode simak dengan teknik pancing, teknik sadap, teknik libat cakap. Data diperoleh dengan mencatat dan merekam tuturan yang digunakan oleh siswa dalam kelas. Data yang telah dire kam, ditranskripkan lalu memberi kode, kemudian dikelompokkan berdasarkan jenis kalimat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) kalimat berdasarkan sintaksis, kalimat deklaratif 178 kalimat, kalimat interogatif 2 kalimat, kalimat imperatif 2 kalimat, dan kalimat ekslamatif 2 kalimat; (2) jenis kalimat berdasarkan klausa, kalimat tunggal 152 kalimat dan kalimat majemuk 32 kalimat; (3) jenis kalimat berdasarkan kelengkapan unsur kalimat, kalimat mayor 166 kalimat, dan kalimat minor 18 kalimat. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak usia 5;0 ─ 6;0 tahun di TK Ganesa PTPN Pangkalan Kabupaten Lima Puluh Kota sudah bisa menggunakan kalimat berdasarkan bentuk sintaksis, berdasarkan jumlah klausa dan kelengkapan unsur kalimat. Perbandingan kalimat yang diperoleh anak tidak sama dan kalimat yang diujarkan pendek atau singkat, karena anak usia 5;0 — 6;0 tahun masih tahap perkembangan dan tahap pemerolehan bahasa. Implikasi penelitian ini adalah bagaimana guru dan orang tua berupaya meningkatkan po tensi dan membimbing untuk mencapai kemampuan berbahasa yang baik.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan, Kalimat, Bahasa Indonesia, Anak, |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 19:21 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 19:21 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34049 |
