Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang

Sari, Deby Purnama (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DEBY_PURNAMA_SARI_15016036_1343.pdf] Text
final_B1_02_DEBY_PURNAMA_SARI_15016036_1343.pdf

Download (523kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 280 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simpel random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks eksposisi. Data penelitian berupa skor keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang berkualifikasi baik, dengan rata-rata nilai 77,50. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang berkualifikasi baik, dengan rata-rata nilai 76,32 berada di bawah KKM (80). Ketiga,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang pada taraf signifikan 0.05 dan derajat kebebasan (dk) =n-1 karena thitung > ttabel yaitu 3,78> 1,68. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang dengan tingkat kepercayaan 95%. Dengan kata lain, apabila keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa baik, maka keterampilan menulis teks eksposisi siswa juga baik, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:27
Last Modified: 22 Dec 2025 07:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34048

Actions (login required)

View Item
View Item