Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko

Susanti, Ade (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP YPM Bangko. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ADE_SUSANTI_1103869_15_2014.pdf] Text
final_3_ADE_SUSANTI_1103869_15_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik
terutama kemampuan matematis. Namun, kemampuan matematis mahasiswa di
STKIP YPM Bangko masih rendah. Hal ini disebabkan antara lain karena
pembelajaran masih bersifat konvensional dimana pembelajaran lebih didominasi
oleh dosen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan
model kooperatif tipe NHTdengan probing prompting. Tujuannya adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing
prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematismahasiswa STKIP
YPM Bangko.
Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan rancangan Randomized
Group Control Only Design. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikan
matematika STKIP YPM Bangko. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah teori peluang,
sedangkan kelas sampel diambil secara acak yaitu mahasiswa kelas A sebagai
kelas eksperimen dan mahasiswa kelas B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data
menggunakan uji t dan anava dua arah untuk interaksi.
Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwakemampuan pemecahan
masalah matematis mahasiswa terutama yang berkemampuan awal rendah yang
diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing
prompting lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran
konvensional, sedangkan untuk mahasiswa berkemampuan awal tinggi yang diajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan probing
prompting tidak lebih baik daripada mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran
konvensional.Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan
awal dalam mempengaruhikemampuan pemecahan masalah mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: pemecahan, konvensional, matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:54
Last Modified: 22 Dec 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34020

Actions (login required)

View Item
View Item