Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Teknik Pemodelan di Kelas VIIIC SMP Cendana Pekanbaru

Gaya Hutasoit, Gaya (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Teknik Pemodelan di Kelas VIIIC SMP Cendana Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_2_GAYA_HUTASOIT_91387_6860_2012.pdf] Text
final_2_GAYA_HUTASOIT_91387_6860_2012.pdf

Download (875kB)

Abstract

Keterampilan menulis berita adalah pembelajaran yang menarik dalam pelajaran bahasa
Indonesia. Namun berdasarkan observasi awal pada kelas VIII SMP Cendana Pekanbaru
ditemukan bahwa pencapaian siswa dalam menulis teks berita tidak sesuai seperti yang
diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan seberapa besar peningkatan keterampilan
menulis teks berita melalui teknik pemodelan dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
keterampilan menulis teks berita melalui teknik pemodelan.
Penelitian ini dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas seperti yang disarankan Gay
R.L., dkk (2009). Ada dua siklus dalam penelitian ini. Siklus I dilaksanakan dalam tiga kali
pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes
dan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Berdasarkan
tes dan analisis data kualitatif temuan dalam penelitian ini adalah: 1) ada peningkatan yang
signifikan terhadap keterampilan menulis teks berita setelah siklus pertama dan kedua. 2) ada
peningkatan yang signifikan terhadap proses belajar mengajar yang berhubungan dengan
kelengkapan isi berita, keruntutan pemaparan, pemakaian kosa kata dan kalimat, kemenarikan
judul, dan penggunaan ejaan dalam berita.
Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan
meningkatkan keterampilan menulis siswa sekaligus meningkatkan proses belajar dan mengajar.
Penelitian ini menunjukkan bahwa teknik pemodelan dapat dikembangkan dengan menggunakan
model yang bervariasi untuk meningkatkan ketermpilan menulis berita. Penilitian ini disarankan
untuk dilanjutkan peneliti lain dengan melakukan penelitian yang relevan dalam lokasi dan subjek
yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 07:12
Last Modified: 22 Dec 2025 07:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/34006

Actions (login required)

View Item
View Item