Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Metode Listening In Action dengan Teknik Isian Teks Rumpang pada Siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 16 Padang

Oxtavia, Gusni (2016) Peningkatan Keterampilan Menyimak Berita Menggunakan Metode Listening In Action dengan Teknik Isian Teks Rumpang pada Siswa Kelas VIII.7 SMP Negeri 16 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_GUSNI_OXTAVIA_1304015_2774_2016.pdf] Text
final_2_GUSNI_OXTAVIA_1304015_2774_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Masalah ini terlihat dari hasil keterampilan menyimak berita siswa sebelumnya yang tidak berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga pembelajaran menyimak berita siswa belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil menyimak berita siswa tersebut. Keberhasilan menyimak berita siswa diukur berdasarkan indikator keterampilan menyimak berita dan menjelaskan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam menyimak berita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Data kualitatif dikumpulkan melalui pengamatan, catatan lapangan, angket siswa, angket guru, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui lembar tes siswa dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 16 Padang yang berjumlah 33 orang. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa metode Listening In Action dan teknik isian teks rumpang melalui media audio mampu meningkatkan hasil keterampilan menyimak berita, membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan hasil keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 16 Padang. Peningkatan terlihat pada siklus I dan siklus II, dengan peningkatan 9,88% dari prasiklus yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 64,54 menjadi 70,92, dan sebanyak 24,65% dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 70,92 menjadi 88,4. Disamping itu, ada beberapa faktor penunjang dalam penilitian ini yang meliputi sarana sekolah, partisipasi kolaborator, serta motivasi dan tindakan yang dilakukan oleh guru. Dari penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Listening in Action dan teknik isian teks rumpang dengan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 16 Padang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menyimak Berita, Teks Rumpang
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 05:21
Last Modified: 22 Dec 2025 05:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33989

Actions (login required)

View Item
View Item