Kontribusi Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Islam Khaira Ummah

Jayanti, Fitri (2025) Kontribusi Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Islam Khaira Ummah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_2_FITRI_JAYANTI_1303984_1178_2015.pdf] Text
final_2_FITRI_JAYANTI_1303984_1178_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah (1) nilai
keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Islam Khaira Ummah
masih berkatagori cukup; (2) minat baca siswa masih rendah; dan (3) motivasi
belajar siswa masih rendah. penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hal
berikut. Pertama, apakah terdapat kontribusi minat baca terhadap keterampilan
menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Islam Khaira Ummah. Kedua, apakah
terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi
siswa kelas VII SMP Islam Khaira Ummah. Ketiga, apakah terdapa menjelaskan
kontribusi minat baca dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap
keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Islam Khaira Ummah.
Jenis penelitian ini adalah kuantitaif metode deskriptif dengan desain
korelasi. Populasi penelitian berjumlah siswa 85 orang. Pengambilan sampel
dilakukan secara total sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket dan tes
unjuk kerja keterampilan menulis teks deskripsi. Data penelitian ini berupa skor
minat baca, motivasi belajar dan skor keterampilan menulis teks deskripsi yang
diubah ke dalam bentuk nilai. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi
Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus
koefisien determinan untuk mengetahui besar sumbangan variabel bebas terhadap
variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, minat baca
memberikan konrtibusi terhadap keterampialn menulis teks deskripsi sebesar
7,29% dan mempunyai hubungan yang signifikan karena thitung> ttabel atau 6,81 >
1,49 dan koefisien korelasinya 0,27. Kedua motivasi belajar memberikan
konrtibusi terhadap keterampialn menulis teks deskripsi sebesar 13,69% dan
mempunyai hubungan yang signifikan karena thitung> ttabel atau 3,62 > 1,49 dan
koefisien korelasinya 0,37. Ketiga, minat baca dan motivasi belajar secara
bersama-sama memberikan konrtibusi terhadap keterampialn menulis teks
deskripsi sebesar 14,28% dan mempunyai hubungan yang signifikan karena
Fhitung> Ftabel atau 8,02 > 1,49 dan koefisien korelasinya 0,378. Simpulan dari hasil
penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, minat baca memberikan kontribusi
dan hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Kedua,
motivasi belajar memberikan kontribusi dan hubungan yang signifikan terhadap
hasil belajar bahasa Indonesia. Ketiga, minat baca dan motivasi belajar secara
bersama-sama memberikan kontribusi dan hubungan yang signifikan terhadap
keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Islam Khaira Ummah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:47
Last Modified: 21 Dec 2025 18:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33978

Actions (login required)

View Item
View Item