Perbedaan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Pemodelan dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada Siswa Kelas IX SMP N 2 Malalak

Mawaddah, Mariratul (2014) Perbedaan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Pemodelan dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada Siswa Kelas IX SMP N 2 Malalak. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_MARIRATUL_MAWADDAH_1103835_1716_2014.pdf] Text
final_2_MARIRATUL_MAWADDAH_1103835_1716_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil identifikasi masalah di SMP N 2 Malalak menunjukkan tugas menulis naskah drama masih banyak yang tidak sesuai dengan tata cara penulisan drama. Drama yang ditulis sering berbentuk percakapan biasa. Siswa masih sulit memberikan alur dalam naskah drama yang ditulis, dan siswa mengalami kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam bentuk naskah drama. Penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan hal-hal berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX.1 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dibandingkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX.2 SMP N 2 Malalak yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual tipe pemodelan. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX.1 yang memiliki kemampuan awal tinggi belajar dengan model pembelajaran koopertaif tipe CIRC dibandingkan dengan siswa kelas IX.2 SMP N 2 Malalak yang memiliki kemampuan awal tinggi belajar dengan model pembelajaran kontekstual tipe pemodelan. Ketiga, terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX.1 yang memiliki kemampuan awal rendah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dibandingkan dengan siswa kelas IX.2 SMP N 2 Malalak yang memiliki kemampuan awal rendah belajar dengan model pembelajaran kontekstual tipe pemodelan. Keempat, terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX.1 SMP N 2 Malalak. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Malalak semester genap tahun 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes unjuk kerja menulis naskah drama. Data dianalisis dengan uji t dan analisis varians. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama siswa yang belajar dengan pemodelan dibandingkan dengan kelas CIRC. (2) Terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi belajar dengan pemodelan dibandingkan kelas CIRC. (3) terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang belajar dengan CIRC dibandingkan dengan kelas pemodelan. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal dan kemampuan menulis naskah drama.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Naskah drama; Tipe CIRC
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 04:10
Last Modified: 22 Dec 2025 04:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33969

Actions (login required)

View Item
View Item