Pengembangan Media Digital Game-Based Learning (DGBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kronologis dalam Pembelajaran Sejarah di SMA

Irawan, Dicky (2018) Pengembangan Media Digital Game-Based Learning (DGBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kronologis dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_DICKY_IRAWAN_1302109_2958_2018.pdf] Text
final_B1_02_DICKY_IRAWAN_1302109_2958_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tersedianya media pembelajaran
yang secara maksimal menekankan pada aspek berpikir kronologis yang
merupakan salah satu aspek dari berpikir historis. Media pembelajaran yang dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk: 1) Mengembangkan media DGBL yang layak dan praktis dalam
pembelajaran sejarah. 2) Mengungkapkan efektivitas media Digital Game-based
Learning (DGBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa.
Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan
mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation and Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 29
siswa SMA Negeri 1 Padang Panjang kelas XI MIPA 6. Pada penelitian ini
dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media
yaitu 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media untuk melihat kelayakan media
sebelum dilakukan uji coba. Selain itu, juga dilakukan uji praktikalitas oleh 2
orang guru sejarah dan 29 orang siswa untuk melihat kepraktisan media DGBL.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari
Media DGBL, Angket Uji Validasi media dan angket praktikalitas penggunaan
media DGBL. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan
kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa
media Digital Game-based Learning (DGBL). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi menyatakan media
DGBL sangat layak digunakan dengan data rerata penelitian sebesar 4,18,
sedangkan kelayakan berdasarkan penilaian dari ahli media menyatakan media
DGBL sangat layak digunakan dengan rerata penelitian terhadap media diperoleh
skor 4,26. Produk penelitian efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kronologis siswa dengan n-gain 0,67 dan dikategorikan sedang. Produk penelitian
juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata 4,68
dan 4,6.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Digital Game-Based Learning (DGBL), Berpikir Kronologis.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:57
Last Modified: 22 Dec 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33967

Actions (login required)

View Item
View Item