Penerapan Metode Flip Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 1 SMA N 16 Padang

Zulldilla Septi, Rahayu (2020) Penerapan Metode Flip Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 1 SMA N 16 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_Zuldilla_Septi_Rahayu_18018169_4214_2022.pdf] Text
final_03_Zuldilla_Septi_Rahayu_18018169_4214_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Flip learning adalah bentuk blended learning (melalui interaksi tatap muka dan virtual/online) yang menggabungkan pembelajaran mandiri sinkron dan asinkron. Pembelajaran sinkron biasanya terjadi secara langsung di dalam kelas. Pembelajaran asinkron adalah pembelajaran yang lebih mandiri di luar kelas. Penelitian ini menyelidiki penerapan metode flip learning dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru telah menerapkan semua langkah metode flip learning dalam pembelajaran mata bahasa Inggris di SMA N 16 Padang. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari daftar periksa observasi dan pedoman wawancara. Sumber data adalah rekaman video kegiatan pembelajaran, WhatsApp, dan Google Classroom. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan daftar periksa observasi dan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini ada empat langkah penerapan metode flip learning, yaitu sebelum kelas dimulai, awal kelas, saat kelas, dan setelah kelas. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pada sebelum kelas dimulai, dari total 4 langkah yang terdapat dalam daftar periksa observasi, hanya 2 langkah yang telah dilaksanakan dan 2 langkah yang belum dilaksanakan. Untuk awal kelas, ada 2 langkah dan keduanya tidak dilaksanakan. Untuk saat kelas, ada 6 langkah dan semua langkah telah dilaksanakan. Dan di setelah kelas ada 1 langkah dan langkah ini juga sudah dilakukan. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menemukan bahwa penerapan metode flip learning pada pembelajaran bahasa Inggris di SMA N 16 Padang belum sempurna.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: flip learning, penerapan, belajar bahasa Inggris.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:39
Last Modified: 22 Dec 2025 03:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33958

Actions (login required)

View Item
View Item