Pengembangan Buku Ajar Edupark Fisika Air Panas Berbasis Inqury Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik

Anggara, Veno Julian (2021) Pengembangan Buku Ajar Edupark Fisika Air Panas Berbasis Inqury Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_VENO_JULIAN_ANGGARA_17175031_1646_2021.pdf] Text
final_03_VENO_JULIAN_ANGGARA_17175031_1646_2021.pdf

Download (969kB)

Abstract

Kurikulum di Indonesia sekarang ini menggunakan Kurikulum 2013. Namun bahan ajar yang diterbitkan belum sesuai dengan tuntutun kurikulum 2013 yang berlaku adanya pengintegrasian potensi daerah dalam bahan ajar. Faktanya, hasil pembelajaran fisika di sekolah masih rendah. Berdasarkan analisis peserta didik terlihat bahwa Potensi daerah perlu dikembangkan sebagai sumber belajar, karena begitu antusiasnya peserta didik dalam mengunjungi objek wisata, salah satu adalah objek wisata air panas Semurup yang beredaanya di tengah lingkugan peserta didik, yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar, sumber belajar yang diangkat dari alam disebut edupark. Namun fakta dilapangan belum ada buku ajar yang mengembangkan edupark didalam pembelajaran fisika, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku ajar edupark fisika berbasis inqury based learning untuk meningkatkan kompetensi peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah design research dengan mengunakan model Plomp, yang terdiri dari 3 fase yaitu 1) preliminary research (tahap pendahuluan); 2) prototyping phase (tahap perancangan); 3) assessment phase (tahap penilaian). Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 2 Kerinci. Instrumen analisis pada tahap pendahuluan adalah lembar observasi, kuisoner dan wawancara. Instrumen penilaian buku ajar adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar obeservasi sikap, keterampilan menggunakan deskripsi persentase dan Tes pilihan berganda digunakan untuk melihat hasil belajar siswa dengan dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil pada tahap prototipe diperoleh buku ajar edupark fisika air panas yang valid dengan nilai rata-rata 0,83 dari ahli dan 0,85 dari praktisi. Kemudian tahap pengembangan diperoleh buku ajar dengan kriteria praktis, dari angket respon peserta didik rata-rata 81,86, dan angket respon guru dengan rata-rata 81,25. Berdasarkan tahap pengembangan Buku ajar edupark fisika memenuhi kriteria efektif karena terjadi peningkatan kompetensi peserta didik dengan ratarata sikap diperoleh 80,26 dan keterampilan 82,86 dan pengetahuan dengan nilai N-Gain 0,66 rata-rata 95,83 % dikategorikan sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar edupark fisika air panas berbasis inqury based learning untuk tingkatan SMA/MA yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, inqury based learning, potensi lokal air panas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:08
Last Modified: 22 Dec 2025 03:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33950

Actions (login required)

View Item
View Item