Pengaruh Teknik Bimbingan Bertahap terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Memperkecil (Reduksi) Peta di Kelas VII SMP N 8 Padang

Anugraha, Rezki (2013) Pengaruh Teknik Bimbingan Bertahap terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Memperkecil (Reduksi) Peta di Kelas VII SMP N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_1_RESKI_ANUGRAHA_02288_5519_2013.pdf] Text
final_B1_1_RESKI_ANUGRAHA_02288_5519_2013.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh bimbingan bertahap terhadap kemampuan siswa dalam memperkecil (reduksi) dan menentukan tata letak (layout) peta di kelas VII SMP N 8 Padang. Bimbingan bertahap merupakan suatu metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran memperkecil (reduksi) peta di kelas VII lebih efektif dan efisien. Jenis penelitian adalah pra eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Padang, sebanyak 166 siswa. Teknik menentukan kelas sampel digunakan teknik non random sampling jenis Sampel Purposif, kriteria pemilihan sampel ini adalah siswa yang memiliki nilai rata-rata kelas pada pelajaran IPS Geografi pada semester 1 kelas VII tahun pelajaran 2012/2013, sehingga diperoleh 22 orang dari kelas VII b sebagai sampel yang dibagi dalam dua kelas yaitu sebanyak 11 orang sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 11 orang sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil latihan dalam memperkecil peta dari kedua kelas sampel yang terpilih. Teknik analisis data digunakan uji t dengan kriteria bila thitung > ttabel berarti hipotesis diterima dan sebaliknya. Hasil penelitian meliputi, metode bimbingan bertahap sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memperkecil (reduksi) dan menentukan tata etak (layout) peta pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Padang ini dilihat dari hasil analisis data kemampuan memperkecil peta siswa. Setelah data dianalisis dengan uji t diperoleh thitung yaitu 2,393 , bila dibandingkan dengan ttabel yaitu 2,249, maka thitung > ttabel. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima dengan taraf nyata 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh bimbingan bertahap berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar memperkecil (reduksi) peta pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknik bimbingan bertahap, Hasil belajar Siswa, Memperkecil (Reduksi) Peta
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:06
Last Modified: 24 Dec 2025 08:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33938

Actions (login required)

View Item
View Item