Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Merangin

Baitullah, B (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Merangin. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.

[thumbnail of final_2_BAITULLAH_1204040_1588_2015.pdf] Text
final_2_BAITULLAH_1204040_1588_2015.pdf

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan siswa dalam menulis
cerpen. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa kelas IX SMP Negeri 35 Merangin
yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga
pembelajaran menulis cerpen belum berjalan sebagaimana yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan
keterampilan menulis cerpen dan peningkatan hasil keterampilan menulis cerpen
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa SMP
Negeri 35 Merangin. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP N 35
Merangin yang berjumlah 25 orang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan
kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa,
wawancara, dan catatan lapangan. Data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk
kerja menulis cerpen yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada
siklus I dan siklus II. Teknik analisis data kuantitatif dengan rumus persentase.
Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan histogram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP
Negeri 35 Merangin. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes menulis
cerpen siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata
tes menulis siswa 52.25% berkategori hampir sedang. Pada siklus I nilai rata-rata
tes menulis siswa 68.67% berkategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata tes
siswa 75.56% berkategori baik. Persentase kenaikan nilai rata-rata siswa dari
prasiklus ke siklus I yaitu 16.42% dan persentase kenaikan nilai rata-rata siswa
dari siklus I ke siklus II yaitu 6.89%. Selain meningkatkan keterampilan siswa
dalam menulis cerpen, model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan sikap dan
perilaku positif siswa dalam PBM.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis cerpen, Metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 23:32
Last Modified: 21 Dec 2025 23:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33935

Actions (login required)

View Item
View Item