Peningkatan Keterampilan Menyunting Karangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IX.3 SMP Kartika Pekanbaru.

Nurmaida, Nurmaida (2011) Peningkatan Keterampilan Menyunting Karangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IX.3 SMP Kartika Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_NURMAIDA_51825_3026_2012.pdf] Text
final_2_NURMAIDA_51825_3026_2012.pdf

Download (98kB)

Abstract

Pemilihan dan penentuan model pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pemilihan dan penentuan model pembelajaran tersebut harus mempertimbangkan kemungkinan belajar siswa. Model pembelajaran yang dipilih dan digunakan diharapkan dapat menjadikan semua siswa belajar dengan sungguh-sungguh karena dengan belajar sungguh-sungguh tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini merupakan tindakan perbaikan pembelajaran, sengan judul “Peningkatan Keterampilan Menyunting Karangan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IX.3 SMP Kartika Pekanbaru” Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan keterampilan menyunting karangan siswa Kelas IX.3 SMP Kartika Pekanbaru. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan proses peningkatan keterampilan menyunting karangan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa Kelas IX.3 SMP Kartika Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat langkah utama, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada tiap siklus dilakukan observasi tentang aktivitas guru dan aktivitas siswa. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyunting karangan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pada akhir pembelajaran diadakan tes. Untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, dapat dilihat dari hasil tes yaitu nilai yang diperoleh siswa pada tiap-tiap siklus. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menyunting karangan siswa Kelas IX.3 SMP Kartika Pekanbaru

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan , Keterampilan , Menyunting , Karangan , Pembelajaran , Pembelajaran ,
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 23:19
Last Modified: 21 Dec 2025 23:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33933

Actions (login required)

View Item
View Item