Salsabila, Mutiara Ratu (2024) Pengembangan Atlas Avifauna Lokal Kota Padang sebagai Suplemen Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Fase E SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
B1_3_MUTIARA_RATU_SALSABILA_20031084_827_2025.pdf
Download (13MB)
Abstract
Perkembangan pembelajaran abad-21 mengharapkan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik. Untuk memenuhi harapan tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik. Namun, media pembelajaran saat ini belum mampu menarik perhatian peserta didik sepenuhnya, sehingga capaian pembelajaran yang diharapkan belum bisa tercapai. Pembelajaran saat ini juga mengharapkan peserta didik untuk dapat mengenal dan mengimplementasikan pembelajaran pada lingkungan sekitar, sehingga salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan mengembangkan Atlas Avifauna Lokal Kota Padang sebagai Suplemen Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Fase E SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Atlas Avifauna lokal Kota Padang sebagai suplemen Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Fase E SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahapan utama yaitu, analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pada penelitian meliputi lembar pedoman wawancara guru, angket peserta didik, angket uji validitas, dan angket uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Atlas Avifauna divalidasi oleh dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru SMAN 2 Padang. Uji praktikalitas Atlas Avifauna dilakukan terhadap 2 orang guru biologi dan 66 orang peserta didik Fase F di SMAN 1 Padang dan SMAN 2 Padang Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, telah dihasilkan Atlas Avifauna lokal Kota Padang sebagai suplemen materi Keanekaragaman Hayati. Hasil uji validitas produk oleh 3 orang validator memperoleh nilai rata-rata 94,99% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas oleh guru memperoleh rata-rata 90,38% (sangat praktis) dan oleh peserta didik adalah 93,34% (sangat praktis). Rata-rata uji praktikalitas guru dan peserta didik adalah 91,86% (sangat praktis). Dengan demikian, Atlas Avifauna Lokal Kota Padang sebagai Suplemen Materi Keanekaragaman Hayati untuk Peserta Didik Fase E SMA sangat valid dan sangat praktis.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Atlas, Avifauna lokal Kota Padang, keanekaragaman hayati |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi-S1 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 13:04 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 13:04 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33926 |
