Baitullah, Baitullah (2015) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Merangin. Masters/Tesis thesis, Universitas Negri Padang.
final_2_BAITULLAH_1204040_1588_2015.pdf
Download (628kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa kelas IX SMP Negeri 35 Merangin yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga pembelajaran menulis cerpen belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis cerpen dan peningkatan hasil keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa SMP Negeri 35 Merangin. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP N 35 Merangin yang berjumlah 25 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh pendekatan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, dan catatan lapangan. Data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja menulis cerpen yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis data kuantitatif dengan rumus persentase. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 35 Merangin. Peningkatan ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes menulis cerpen siswa pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata tes menulis siswa 52.25% berkategori hampir sedang. Pada siklus I nilai rata-rata tes menulis siswa 68.67% berkategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata tes siswa 75.56% berkategori baik. Persentase kenaikan nilai rata-rata siswa dari prasiklus ke siklus I yaitu 16.42% dan persentase kenaikan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II yaitu 6.89%. Selain meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen, model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan sikap dan perilaku positif siswa dalam PBM.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 03:05 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 03:05 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33922 |
