Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Koloid Kelas XI Tingkat SMA/ MA

Sofiani, Veni (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Koloid Kelas XI Tingkat SMA/ MA. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_VENI_SOFIANI_14176012_2188_2017.pdf] Text
final_03_VENI_SOFIANI_14176012_2188_2017.pdf

Download (803kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan scientific dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid kelas XI SMA serta untuk menguji validitas, praktikalitas dan efektifitas perangkat pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4-D (four D models) yaitu (1) define, (2) design, (3) develop dan (4) disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang validator (2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia SMA), dilakukan uji praktikalitas dan uji efektifitas yang uji cobanya dilakukan secara terbatas dikelas XI di SMAN 5 Padang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk berupa perangkat pembelajaran dalam bentuk RPP dan LKS berbasis pendekatan scientific dengan model Problem Based Learning pada materi sistem koloid untuk pembelajaran kimia kelas XI tingkat SMA/MA. Perangkat pembelajaran ini memiliki tingkat kevalidan sangat tinggi dengan perolehan nilai rata–rata moment kappa sebesar 0,88. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan ini telah dapat dinyatakan praktis dengan nilai rata–rata moment kappa sebesar 0,91 untuk angket respon guru, dan 0,73 untuk angket respon siswa siswa. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan mempunyai efektivitas yang tinggi dari segi hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari segi aktivitas siswa didapatkan data sebesar 63,51 % dengan kategori efektif

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, LKS, RPP, Pendekatan Scientific, Problem Based Learning, Sistem Koloid.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 15:51
Last Modified: 21 Dec 2025 22:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33915

Actions (login required)

View Item
View Item