Armilius, Devi (2015) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Kelas X8 SMAN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
DEVI_ARMILIUS_1209430_1361_2015.pdf
Download (692kB)
Abstract
Pemahaman konsep matematika siswa kelas X8 SMAN 5 Padang masih rendah. Disamping itu kemandirian belajar siswa juga masih rendah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa kelas X8 SMA N 5 Padang, dengan menggunakan model pembelajaran TPS. Penelitian ini teridiri dari 3 pertemuan pada siklus 1, dan 3 pertemuan pada siklus 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas X8 SMA N 5 Padang tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, angket kemandirian belajar, tes pemahaman konsep matematika, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemandirian belajar siswa kelas X8 SMA N 5 Padang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes pemahaman konsep siswa yang meningkat dari 37,93% pada siklus 1 menjadi 58,62 % pada siklus II. Untuk kemandirian belajar siswa sudah mulai meningkat. Sebelum dikenakan tindakan persentase kemandirian belajar siswa adalah 40,78% dan setelah tindakan meningkat menjadi 53,73%.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Konsep Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Mulida Djamarin S.Sos |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 08:28 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 08:28 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33912 |
