Rahmi, Azvi (2016) Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru MTSN Kota Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_AZVI_RAHMI_14147002_5134_2016.pdf [thumbnail of B1_1_AZVI_RAHMI_14147002_5134_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_AZVI_RAHMI_14147002_5134_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, teramati bahwa disiplin guru di
MTsN Kota Padang masih rendah. Peneliti menduga bahwa supervisi kepala
sekolah dan iklim sekolah mempengaruhi disiplin kerja guru MTsN Kota Padang,
oleh karena itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi supervisi kepala sekolah dan iklim
sekolah terhadap disiplin kerja guru di MTsN Kota Padang. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Jika supervisi kepala sekolah tinggi, maka
memberikan kontribusi yang tinggi terhadap disiplin kerja guru; 2) Jika iklim
sekolah tinggi, maka memberikan kontribusi yang tinggi terhadap disiplin kerja
guru; 3) Jika supervisi kepala sekolah dan iklim sekolah tinggi, maka memberikan
kontribusi yang tinggi secara bersama-sama terhadap disiplin kerja guru.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTsN Kota Padang
yang berstatus pegawai negeri sipil dengan jumlah 281 orang. Penarikan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling.
Sampel yang terpilih sebanyak 76 orang. Data dikumpulkan dengan angket
dengan skala likert yang telah diuji kesahihan dan keterandalannya. Data
dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) supervisi kepala sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 14.4%, 2) iklim sekolah
berkontribusi terhadap disiplin kerja guru sebesar 14. 2% dan 3) supervisi kepala
sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap disiplin
kerja guru sebesar 19. 4%. Berdasarkan analisis deskriptif mengungkapkan
bahwa supervisi kepala sekolah dan iklim sekolah dan disiplin kerja guru sama
sama berada pada kategori cukup baik dari skor ideal.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 04:22 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 04:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/3391 |