Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bukittinggi

Afifah, Suha (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_SUHA_AFIFAH_20029146_1158_2025.pdf] Text
B1_1_SUHA_AFIFAH_20029146_1158_2025.pdf

Download (19MB)

Abstract

Hasil belajar matematika mencerminkan pencapaian keseluruhan yang diraih oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, yang menjadi indikator keberhasilan dalam mengembangkan wawasan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun kenyataannya hasil belajar matematika peserta didik kelas XI MAN 2 Bukittinggi masih rendah, dapat dilihat dari observasi serta data hasil penilaian harian yang diperoleh peserta didik. Maka model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendorong hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah hasil belajar matematika yang menerapkan model TTW lebih baik jika dikomparasikan dengan model pembelajaran konvensional di kelas XI MAN 2 Bukittinggi. Penelitian quasy experiment yang digunakan dalam penelitian ini serta rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi yang diambil yaitu seluruh kelas XI MAN 2 Bukittinggi tahun ajaran 2024/2025. Dengan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel didapatkan kelas XIF.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIF.9 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yakni tes uraian untuk mengukur hasil belajar matematika. Hasil analisis diperoleh rata-rata nilai pada kelas XIF.5 yakni 74,37 sedangkan kelas XIF.9 yakni 52,30. Uji-t menghasilkan �-�����= 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model TTW secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika jika dikomparasikan model pembelajaran konvensional di kelas XI MAN 2 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika , metode pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 19:03
Last Modified: 21 Dec 2025 19:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item
View Item