The Effect of Peer Feedback Strategy on EFL Students’ Writing Skill of the Hortatory Exposition Text at Second Grade of Senior High School: An Experimental Research in SMAN 2 Sawahlunto

Zulkarnaen, Utari Novialita (2018) The Effect of Peer Feedback Strategy on EFL Students’ Writing Skill of the Hortatory Exposition Text at Second Grade of Senior High School: An Experimental Research in SMAN 2 Sawahlunto. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_UTARI_NOVIALITA_ZULKARNAEN_2271_1201007_2018.pdf] Text
final_03_UTARI_NOVIALITA_ZULKARNAEN_2271_1201007_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa SMAN 2 Sawahlunto terhadap kemampuan menulis. Strategi pengajaran yang digunakan guru kurang tepat dalam meningkatkan keterampilan menulis. Oleh sebab itu perlu diterapkan strategi yang bagus dan menarik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan strategi peer feedback dalam menulis teks hortatory exposition. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penggunaan peer feedback strategi terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks hortatory exposition. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Sawahlunto pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Jumlah sampel secara keseluruhan adalah 38 siswa. Instrument yang digunakan adalah writing test. Data dari penelitian ini berupa nilai post-test writing dari kedua kelompok sampel yang dianalisis menggunakan rumus t-test. Ditemukan bahwa t-hitung 2,13 sedangkan t-tabel 2,03 yang berarti t-hitung > ttabel pada taraf signifikasi 0,05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan strategi peer feedback dalam pembelajaran dapat memberikan dampak yang lebih baik terhadap kemampuan menulis siswa. Dengan kata lain, hasil penelitian ini mengemukakan hipotesis bahwa siswa yang menggunakan strategi peer feedback memiliki kemampuan menulis teks yang lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan strategi biasa yang digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: peer feedback, kemampuan menulis, hortatory exposition text
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 22:01
Last Modified: 21 Dec 2025 22:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33902

Actions (login required)

View Item
View Item