Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Tilatang Kamang

Putri, Ruly Harila (2024) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Tilatang Kamang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RULY_HARILA_PUTRI_20029080_346_2025.pdf] Text
B1_1_RULY_HARILA_PUTRI_20029080_346_2025.pdf

Download (19MB)

Abstract

Hasil belajar mempunyai peranan penting sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dalam proses pembelajaran. Semakin baik hasil belajar yang diperoleh maka proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil. Namun, dari data hasil belajar peserta didik kelas IX SMPN 2 Tilatang Kamang masih rendah. Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar adalah model yang digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah penerapan model Discovery Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan hasil belajar matematika peserta didik selama belajar menggunakan model Discovery Learning dan mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik di kelas IX SMPN 2 Tilatang Kamang yang belajar menggunakan model Discovery Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX SMPN 2 Tilatang Kamang tahun pelajaran 2024/2025 dengan pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas IX.1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan IX.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan selama diterapkan model Discovery Learning yang dilihat dari rata-rata nilai kuis setiap pertemuan dan berdasarkan uji-t dari nilai tes akhir kedua sampel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajaran menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika , pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:57
Last Modified: 21 Dec 2025 18:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33900

Actions (login required)

View Item
View Item