Mardiah, Mardiah (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Berita melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII D MTs Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih Kabupaten Kampar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_MARDIAH_59880_577_2013.pdf
Download (358kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, keterampilan menulis berita siswa MTs Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih Kabupaten Kampar masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan masih ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran tersebut. Faktor lain yang berasal dari siswa adalah kurangnya motivasi untuk menulis berita karena ada anggapan bahwa menulis berita adalah kegiatan yang sulit. Untuk memperbaiki kondisi ini dilakukan Penelitian Tindakan Kelas melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini (1) mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII D MTs Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih Kabupaten Kampar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan (2) mendeskripsikan faktor penunjang peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII D MTs Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih Kabupaten Kampar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelilitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus melalui 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih Kabupaten Kampar. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII D dengan memperhatikan kelengkapan isi berita (5w+IH), keruntutan pemaparan, penggunaan kalimat efektif, kosa kata yang digunakan, ketepatan menggunakan EYD, dan kemenarikan judul berita serta dirumuskannyabeberapa faktor penunjang dalam peningkatan menulis berita siswa kelas VIII D Pondok Pesantren As-Salam Naga Beralih Kabupaten Kampar. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat cocok digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis berita siswa. Guru hendaknya memilih langkah pembelajaran yang tepat dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran berita.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Keterampilan, Menulis Berita, Pembelajaran Kooperatif, Kabupaten Kampar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 21:11 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 21:11 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33899 |
