Improving Students’ Reading Comprehension and Interest by Using Modified Reading Materials at Grade IX.2 SMP Negeri 4 Pekanbaru.

Romadhona, Sri (2009) Improving Students’ Reading Comprehension and Interest by Using Modified Reading Materials at Grade IX.2 SMP Negeri 4 Pekanbaru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SRI_ROMADHONA_82241_6589_2012.pdf] Text
final_2_SRI_ROMADHONA_82241_6589_2012.pdf - Published Version

Download (190kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama mengajar siswa kelas IX.2, peneliti mendapat beberapa data bahwa rendahnya nilai membaca pemahaman mereka disebabkan oleh kurangnya minat mereka dalam membaca sehingga mereka tidak melakukan latihan membaca alami yang melibatkan tehnik-tehnik membaca seperti menggunakan pengetahuan dasar yang dimiliki tentang bacaan, konteks bacaan dan perkiraan tentang isi bacaan untuk mendapatkan pengertian dari apa yang mereka baca. Keadaan tersebut mendorong peneliti untuk menghubungkan materi bacaan untuk kelas membaca dengan apa yang dipelajari sebelumnya di kelas pengetahuan sosial. Materi tersebut kemudian disesuaikan dengan tingkat kemampuan yang ada pada siswa tingkat Sembilan sehingga mereka bisa berlatih tehnik-tehnik yang biasanya dipakai dalam membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan peneliti. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Di tiap akhir siklus, siswa diberikan sebuah test membaca pemahaman. Data diperoleh melalui pengamatan yang dilakukan peneliti sebagai instrument utama penelitian, tes membaca pemahaman yang diberikan, observasi yang dibantu oleh guru pendamping serta catatan lapangan yang dibuat oleh peneliti dan guru pendamping. Data tersebut dianalisa baik secara quantitatif maupun qualitatif. Temuan-temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sejak pertemuan pertama pada siklus 1. Tetapi peningkatan tersebut masih belum memuaskan. Pada akhir siklus dua, peningkatan cukup memuaskan baik dari segi membaca pemahaman siswa maupun minat akan membaca itu sendiri. Pada akhir siklus 2, nilai membaca pemahaman siswa meningkat untuk tiap-tiap indicator sebesar 7% hingga 23%. Dalam proses pembelajaran, siswa menunjuk peningkatan minat. Mereka tertarik untuk terlibat aktif dalan setiap kegiatan yang dilaksanakan. Dari hasil pengamatan dan catatan lapangan yang diambil terlihat bahwa minat membaca siswa meningkat sebesar 34%. Selanjutnya, peneliti dapat simpulkan bahwa materi bacaan yang telah dimodifikasi dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan minat membaca siswa pada kelas IX.2 SMP Negeri 4 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Minat Baca dan Materi Bacaan
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 20:51
Last Modified: 21 Dec 2025 20:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33898

Actions (login required)

View Item
View Item