Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe the Power Of Two di Sertai Handout terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang

Harianti, Reski (2017) Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe the Power Of Two di Sertai Handout terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Listrik Elektronika Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RESKI_HARIANTI_1201916_466_2017.pdf] Text
B1_05_RESKI_HARIANTI_1201916_466_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar mata pelajaran Teknik Dasar Listrik Elektronika kelas X TAV semester genap SMK N 5 Padang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen adalah X TAV1-B menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two dan kelas kontrol adalah X TAV2-B menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata- rata 84,34 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 77,64. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung> ttabel yaitu (3,806>1,697 ), karena thitung besar dari ttabel , maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih besar yaitu 8,62% dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:20
Last Modified: 24 Dec 2025 09:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33895

Actions (login required)

View Item
View Item