Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII Matematika SMA Negeri 1 Lembah Gumanti

Fadli, Rahmat (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII Matematika SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_RAHMAT_FADLI_20029136_1143_2025.pdf] Text
B1_1_RAHMAT_FADLI_20029136_1143_2025.pdf

Download (15MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki oleh peserta didik kelas XII Matematika SMA Negeri 1 Lembah Gumanti masih rendah, terlihat dari hasil penilaian harian peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan secara tepat sesuai dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran CPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CPS serta mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CPS lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XII Matematika SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan rancangan penelitian nonequivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Matematika SMA Negeri 1 Lembah gumanti, dengan kelas XII Matematika 1 dan XII Matematika 3 dengan sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal uraian. Berdasarkan data hasil kuis, diperoleh bahwa terdapat perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah di setiap pertemuannya. Berdasarkan analisis tes akhir menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P- value = 0,008 sehingga H 0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XII Matematika SMA Negeri 1 Lembah Gumanti yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran CPS lebih baik daripada yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:52
Last Modified: 21 Dec 2025 18:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33891

Actions (login required)

View Item
View Item