Pengembangan Lembaran Kerja Siswa disertai Compact Disc (CD) Pembelajaran Berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL) RSBI SMA Pada Materi Animalia

Lasmana, Oria (2011) Pengembangan Lembaran Kerja Siswa disertai Compact Disc (CD) Pembelajaran Berbasis Contekstual Teaching Learning (CTL) RSBI SMA Pada Materi Animalia. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_ORIA_LASMANA_51577_3651_2012.pdf] Text
final_3_ORIA_LASMANA_51577_3651_2012.pdf

Download (183kB)

Abstract

Biologi merupakan mata pelajaran yang banyak menuntut pemahaman konsep,
karena dalam pembelajaran biologi siswa banyak dihadapkan pada konsep-konsep
yang bersifat abstrak. Agar konsep-konsep abstrak menjadi konkrit dan pembelajaran
lebih bermakna serta mudah dipahami oleh siswa, salah satu caranya adalah melalui
serangkaian kegiatan pratikum di laboratorium, dengan panduan LKS (Lembaran
Kerja Siswa) disertai CD yang memuat materi yang akan dipratikumkan. Agar LKS
disertai CD pembelajaran ini bermanfaat, dipilih salah satu pendekatan pembelajaran
yang menuntut keterlibatan siswa aktif dalam proses pembelajaran, yaitu pendekatan
“Contextual Teaching and Learning (CTL)”.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur
pengembangan menggunakan 4-D (four-Model) terdiri dari tahap define, design,
develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dan analisis
siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan LKS disertai CD pembelajaran.
Pada tahap develop dilakukan validasi dan uji coba terbatas pada siswa SMAN 1
Payakumbuh kelas X4, untuk mengetahui pratikalitas dan efektivitas LKS disertai CD
pembelajaran yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan. Data yang
diperoleh untuk menentukan kevalidan LKS disertai CD pembelajaran berasal dari
lembaran validasi. Data yang diperlukan untuk menentukan pratikalitas diperoleh dari
angket pratikalitas guru dan siswa. Data efektivitas diperoleh dari aktivitas, motivasi
dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS disertai CD pembelajaran sangat
valid, praktis dan efektif. Rata–rata validitas LKS (3,50) dan rata-rata validasi CD
pembelajaran (3,52). Pratikalitas yang diamati ditinjau dari angket pratikalitas untuk
guru (89,1) dan siswa (86,55). LKS disertai CD pembelajaran efektif, ini dapat dilihat
dari aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Kesimpulan penelitian adalah LKS
disertai CD pembelajaran berbasis CTL pada materi animalia RSBI SMA dinyatakan
sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 09:33
Last Modified: 24 Dec 2025 09:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33884

Actions (login required)

View Item
View Item