Hidayat, Opi Rahmah (2015) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Ekosistem untuk SMA Kelas X. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_3_OPI_RAHMAH_HIDAYAT_19731_2943_2015.pdf
Download (223kB)
Abstract
Bahan ajar yang dapat menimbulkan kemandirian dalam belajar adalah modul. Terdapat berbagai potensi yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, diantaranya pada materi ekosistem untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul biologi berbasis CTL yang valid, praktis dan efektif pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model dan prosedur pengembangan menggunakan 4-D (four-D-Model) terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kurikulum dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan modul. Pada tahap develop dilakukan validasi dan uji coba terbatas pada siswa SMAN 3 Payakumbuh kelas X, untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas modul yang dikembangkan. Tahap disseminate tidak dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif. Nilai dari validasi adalah 88,06% (sangat valid), praktikalitas menurut guru sebesar 3,44% (praktis) dan menurut siswa sebesar 3,43% (praktis) hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa siswa aktif belajar dan mendapatkan hasil belajar yang tuntas.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 09:06 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 09:07 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33878 |
