Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Sijunjung

Rahayu, Dyah Pramesya (2024) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DYAH_PRAMESYA_RAHAYU_20029115_648_2025.pdf] Text
B1_1_DYAH_PRAMESYA_RAHAYU_20029115_648_2025.pdf

Download (17MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu acuan keberhasilan proses pembelajaran. Semakin baik hasil belajar yang diperoleh maka proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil. Namun, dari data hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sijunjung masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: apakah hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan the nonequivalent posttest only control group. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sijunjung Tahun Pelajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan kelas VIII. 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan VIII. 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuis dan tes hasil belajar matematika dalam bentuk uraian. Hasil penelitian menggunakan data nilai tes hasil belajar matematika menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 72,52 dan rata-rata nilai kelas kontrol adalah 56,92. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar dengan menggunakan diperoleh P-Value = 0,002. Karena P-Value < 0,05 maka tolak H 0 , dan terima H 1 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang menerapkan model Problem Based Learning lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Sijunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sijunjung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar matematika , model pembelajaran langsung
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:46
Last Modified: 21 Dec 2025 18:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33877

Actions (login required)

View Item
View Item