Fitri, Ummiatul (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Berbantukan Alat Praktikum Display Digital. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_03_UMMIATUL_FITRI_16175035_4802_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kompetensi Fisika peserta didik belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan bahan ajar yang belum sesuai dengan standar yang ditetapkan serta belum termaksimalkannya penggunaan alat praktikum yang menunjang dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang ada di lapangan berupa LKPD tetapi belum sesuai dengan struktur LKPD yang baik dan benar serta alat praktikum yang belum tersedia untuk semua materi yang bisa dipraktikumkan Oleh karena itu diperlukan pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi model Problem based learning berbantukan alat praktikum display digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berorientasi model Problem based learning pada materi gerak parabola berbantukan alat praktikum display digital dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data penelitian adalah data primer. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar praktikalitas guru dan peserta didik, lembar observasi sikap, tes objektif dan lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik berorientasi model problem Based Learning pada materi gerak parabola berbantukan alat praktikum display digital telah memenuhi kriteria valid dengan nilai V 0,92. Praktikalitas penggunaan LKPD oleh guru dan peserta didik termasuk pada kategori praktis dengan nilai angket respon guru adalah 84,37% dan peserta didik 86,46%. Sedangkan praktikalitas untuk alat praktikum display digital juga termasuk dalam kategori praktis dengan nilai angket respon guru adalah 90% dan peserta didik 88,83%. Lembar kerja peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan nilai sikap 83,4%, pengetahuan 82,96%, dan keterampilan 92,23%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Berbantukan Alat Praktikum Display Digital memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Alat Praktikum Display Digital, Gerak Parabola. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 18:00 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 18:00 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33875 |
