Improving Speaking Ability Through Cooperative Learning Model Teams Games Tournament (TGT) at Grade X Automotive of SMK N 1 Padang.

Febriani, Mardetin (2011) Improving Speaking Ability Through Cooperative Learning Model Teams Games Tournament (TGT) at Grade X Automotive of SMK N 1 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_MARDETIN_FEBRIANI_59160_3659_2012.pdf] Text
final_2_MARDETIN_FEBRIANI_59160_3659_2012.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament yang dilaksanakan di SMK Negeri I Padang, dilatarbelakangai oleh kurang mampunya siswa kelas X Otomotif memenuhi ketuntasan belajar pada keterampilan berbicara. Disamping itu hal yang menjadi dasar pemilihan PTK pada kelas X Otomotif dan aspek berbicara adalah adanya kontradiksi antara kenyataan berbicara siswa Otomotif yang masih rendah dibandingkan dengan kondisi bahwa siswa jurusan Otomotif adalah siswa yang berkemampuan tinggi. Mereka adalah siswa yang masuk ke SMK I Padang berdasarkan Nilai Evaluasi Murni (NEM) SLTP paling tinggi dari keseluruhan siswa yang mendaftar ke SMK Negeri I Padang Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan keterampilan berbicara siswa dan mendeskripsikan proses peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas X Otomotif melalui pembelajaran Kooperatif tipe TGT. Selanjutnya, sebagai dampak dari peningkatan keterampilan berbicara siswa, dideskripsikan hasil belajar dan sikap siswa dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Otomotif SMK Negeri I Padang, dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa laki-laki. Penelitian ini mengamati proses peningkatan keterampilan berbicara siswa. Proses ini diamati dengan menggunakan lembaran observasi yang dicatat oleh dua orang observer. Data yang terkumpul melalui lembar observasi diolah dengan teknik Milles dan Hubermen Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe TGT mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X Otomotif SMK Negeri I Padang. Jika hasil belajar pada semester ganjil 2009/2010 belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 7,0 di SMK Negeri I Padang, pada siklus I dan II hasil belajar meningkat dan telah melewati batas KKM. Peningkatan ketuntasan belajar berada pada taraf sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran Kooperatif dengan tipe TGT dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X Otomotif secara klasikal pada kategori sangat tinggi, sedangkan untuk peningkatan keberhasilan siswa secara pribadi masih perlu waktu dan latihan yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Kooperatif ,Teams Games Tournament
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:58
Last Modified: 21 Dec 2025 18:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33873

Actions (login required)

View Item
View Item