Pengembangan Asesmen Essai dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Riset untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik

Amelia, Ollyvia Theresia (2016) Pengembangan Asesmen Essai dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Riset untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_OLLYVIA_THERESIA_AMELIA_14175023_6489_2016.pdf] Text
final_3_OLLYVIA_THERESIA_AMELIA_14175023_6489_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya literasi sains peserta didik disebabkan peserta didik belum sepenuhnya menggunakan pengetahuan Fisika yang sudah pernah dipelajari sebelumnya dan rendahnya minat peserta didik pada pembelajaran Fisika. Peserta didik belum terbiasa mengidentifikasi isu ilmiah, belum dapat menjelaskan fenomena ilmiah, dan belum menggunakan bukti ilmiah untuk membuat keputusan. Selain itu, guru belum mengaktifkan penggunaan laboratorium sehingga belum merangsang tumbuh kembangnya literasi sains peserta didik. Oleh sebab itu diperlukan assesmen untuk menumbuh kembangkan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Salah satu bentuk assesmen yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik adalah asesmen essai dengan menggunakan model pembelajaran berbasis riset. Penelitian ini bertujuan menghasilkan asesmen essai dalam pembelajaran Fisika berbasis riset untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and develompment (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Data kuantitatif adalah data validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Data validitas diperoleh melalui lembar validasi yang dinilai oleh enam validator dengan menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil validasi menunjukkan bahwa asesmen essai valid dengan perolehan 0,87. Data kepraktisan diperoleh melalui lembar kepraktisan. Hasil kepraktisan menunjukkan bahwa asesmen essai sangat praktis digunakan dengan perolehan 86,28 %. Data keefektifan diperoleh melalui lembar penilaian terhadap empat dimensi literasi sains. Hasil efektifitas menunjukkan bahwa asesmen essai efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dengan perolehan literasi sains 85,17. Selanjutnya pada tahap penyebaran di satu kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Kota Solok menunjukkan bahwa asesmen essai efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: asesmen essai, literasi sains, pembelajaran berbasis riset, pembelajaran Fisika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:33
Last Modified: 26 Dec 2025 16:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33868

Actions (login required)

View Item
View Item