Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Pesisir Selatan

Syafti, Okviani (2013) Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMAN Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_3_OKVIANI_SYAFTI_1103919_6736_2013.pdf] Text
final_3_OKVIANI_SYAFTI_1103919_6736_2013.pdf

Download (978kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA N Kabupaten Pesisir Selatan belum memuaskan. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis terhadap hasil tes Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis yang diberikan kepada siswa di tiga SMA N Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model PBI terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang berkemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, serta interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan The Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Lengayang yaitu kelas X.4 sebagai kelas eksperimen dan X.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari tes kemampuan awal dan Posstes untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Data posttest yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t dan ANAVA dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan PBI lebih tinggi daripada siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kedua, pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan awal tinggi yang menggunakan pembelajaran model PBI lebih tinggi daripada siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Ketiga, kemam-puan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa berkemampuan awal sedang yang menggunakan pembelajaran model PBI lebih tinggi dari siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Keempat, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berkemampuan awal rendah yang menggunakan pembelajaran model PBI tidak berbeda secara signifikan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sedangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pembelajaran PBI lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kelima, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model PBI, Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:24
Last Modified: 24 Dec 2025 08:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item
View Item