Analisa Esai Argumentatif Siswa menggunakan Rhetorical Structure Theory di kelas XI IPA 1 SMA 10 Padang.

Mulyaningsih, Sri (2015) Analisa Esai Argumentatif Siswa menggunakan Rhetorical Structure Theory di kelas XI IPA 1 SMA 10 Padang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SRI_MULYANINGSIH_1103787_5731_2015.pdf] Text
final_2_SRI_MULYANINGSIH_1103787_5731_2015.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan kualitas esai argumentatif siswa apakah kualitasnya bagus atau tidak dengan menggunakan analisa Rhetorical Structure Theory (RST). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisa teks. Partisipan dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 di SMA 10 Padang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan tes penulisan esai argumentatif. Selanjutnya, data dianalisa menggunakan Rhetorical Structure Theory (RST) dimana ada tiga indikator yang dikemukakan oleh Mann dan Thompson (1988) yaitu keterhubungan, keunikan dan kelengkapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak dari esai siswa tidak lengkap, kurang unik dan tidak terhubung secara keseluruhan. Dari data yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kualitas esai argumentatif siswa di kelas XI IPA 1 di SMA 10 Padang tidak bagus. Untuk itu, penelitian ini secara tidak langsung menyatakan bahwa analisa menggunakan RST disarankan untuk digunakan sebagai alat untuk menganalisa berbagai jenis teks karena berguna untuk menjelaskan bagaimana kualitas dari teks itu sendiri. Para guru bahasa Inggris juga disarankan untuk memberikan lebih banyak latihan menulis yang berhubungan dengan kemampuan siswa untuk menghasilkan kualitas menulis esai yang baik. Dan bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan penemuan dari penelitian ini dan menganalisa jenis-jenis teks lainnya menggunakan Rhetorical Structure Theory (RST).

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Analysis on Students’ Argumentative Essays through Rhetorical Structure Theory
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:38
Last Modified: 21 Dec 2025 18:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33862

Actions (login required)

View Item
View Item