Pengembangan Buku Teks IPA Terpadu SMP Bermuatan Karakter Berbasis The Threaded Model Dengan Tema Indra Penglihatan dan Alat Optik

Rahmii, Ulfa (2017) Pengembangan Buku Teks IPA Terpadu SMP Bermuatan Karakter Berbasis The Threaded Model Dengan Tema Indra Penglihatan dan Alat Optik. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_03_ULFA_RAHMI_15175044_5204_2018.pdf] Text
final_03_ULFA_RAHMI_15175044_5204_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku teks pelajaran pada kurikulum 2013 memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan. Pembelajaran seharusnya berpedoman pada kurikulum yang sedang berlaku yaitu kurikulum 2013. Salah satu prinsip kurikulum 2013 pada buku teks adalah buku teks harus relevan dengan kebutuhan peserta didik. Namun buku teks yang digunakan di sekolah belum sesuai dengan tuntutan tersebut. Buku teks yang baik dan berkualitas harus memiliki kebenaran isi, penyajian yang sistematis, penggunaan bahasa dan keterbacaan yang baik, serta grafika yang fungsional. Buku teks memuat informasi mengenai kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dapat digunakan untuk melatih kompetensi peserta didik. Materi IPA di SMP disajikan dalam keterpaduan antara fisika, biolgi, dan kimia.Maka, memerlukan model pembelajaran terpadu yakni the threaded model dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan Buku Teks IPA Terpadu SMP Bermuatan Karakter Berbasis The Threaded Model Dengan Tema Indra Penglihatan dan Alat Optik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah research and development. Model pengembangan pengembangan yang digunakan adalah model Reeves yang terdiri dari tahap problem analysis (analisis masalah), sollution (perancangan buku teks), dan iterative testing and refinements (pengujian dan perbaikan), dan implementation (pelaksanaan). Data dalam penelitian ini adalah data analisis masalah , data validasi, data praktikalitas, dan data efektifitas. Instumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, tes pilihan ganda, lembar observasi sikap, dan lembar observasi keterampilan. Teknis analisis data menggunakan deskripsi persentase dan kappa. Hasil penelitian pada tahap problem analysis yakni peserta didik mengalami kesulitan dalam menerjemahkan soal IPA yang komplek. Hasil dari analisis peserta didik adalah peserta didik lebih antusias dalam belajar IPA jika dihubungkan dengan kejadian yang bersifat nyata dalam kehidupan. Hasil analisis materi bahwa tema indra penglihatan dan alat optik didominasi oleh materi konsep dan prinsip. Selanjutnya hasil dari tahap sollution adalah perancangan buku teks yang sesuai dengan struktur buku teks yang baku serta instrument penelitian. Hasil dari tahap iterative testing and refinements adalah buku teks valid dengan nilai 0,87 untuk validator tenaga ahli dan 0,86 untuk validator praktisi pendidikan . Lebih lanjut, hasil dari tahap implementation pada uji kepraktisan diperoleh 88,76 untuk respon guru dan 91,37 untuk respon peserta didik. Selanjutnya buku teks efektif pada kompetensi pengetahuan (85), kompetensi sikap (81,85), dan kompetensi keterampilan (80,45). Kesimpulan penelitian adalah buku teks IPA Terpadu SMP bermuatan karakter berbasis the threaded model dengan tema indra penglihatan dan alat optik memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, Karakter, Tematik Terpadu, the threaded model.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:46
Last Modified: 21 Dec 2025 16:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33859

Actions (login required)

View Item
View Item