Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Kesulitan Belajar Membaca di Sekolah Penyelenggara Inklusi SD Negeri 01 Limau Manis (Penelitian Deskriptif Kualitatif).

Putri, Feby Suryana (2017) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Kesulitan Belajar Membaca di Sekolah Penyelenggara Inklusi SD Negeri 01 Limau Manis (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_02_FEBY_SURYANA_PUTRI_1300104_3885_2017.pdf] Text
final_B1_02_FEBY_SURYANA_PUTRI_1300104_3885_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak kesulitan belajar membaca di sekolah penyelenggara inklusi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kesulitan belajar membaca kelas V di SD Negeri 01 Limau Manis yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, kendala yang dihadapi guru saat pembelajaran bahasa indonesia dan usaha yang dilakukan guru kelas mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini di lakukan di SD Negeri 01 Limau Manis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualititatif yang difokuskan kepada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi anak kesulitan belajar membaca di sekolah penyelenggara inklusi SD Negeri 01 Limau Manis. Subjek penelitian ini adalah siswa kesulitan belajar membaca dan informan penelitian adalah guru kelas, guru pembimbing khusus (GPK) dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran guru belum melakukan modifikasi kurikulum dan belum membuat Program Pembelajaran Individual (PPI) untuk anak kesulitan belajar membaca. Pada pelaksanaan pembelajaran kurangnya media dan sumber pembelajaran serta pemberian materi pembelajaran cenderung secara klasikal. Evaluasi pembelajaran diberikan pada setiap selesai pembelajaran. Kendala yang dihadapi berupa sumber buku yang terbatas dan kesulitan dalam mengembangkan indikator. Usaha yang muncul mengatasi kendala ini adalah dengan bekerjasama dengan GPK dan guru yang berada dalam satu gugus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Anak Kesulitan Belajar Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 18:28
Last Modified: 21 Dec 2025 18:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33858

Actions (login required)

View Item
View Item