The Effect of Using Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Teaching Model in Teaching Reading Narrative and Hortatory Exposition Text at Grade XI Senior High School 1 Akabiluru.

Pertiwi, Sri Indah (2013) The Effect of Using Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Teaching Model in Teaching Reading Narrative and Hortatory Exposition Text at Grade XI Senior High School 1 Akabiluru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_2_SRI_INDAH_PERTIWI_04659_3177_2013.pdf] Text
final_2_SRI_INDAH_PERTIWI_04659_3177_2013.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan design Pretest Posttest Control Group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Akabiluru. Pengambilan sample menggunakan teknik Random Sampling. Dari sample tersebut, peneliti menentukan kelas XI.IPS 1 sebagai kelas experiment, dan XI.IPS 2 sebagai kelas kontrol secara acak. Instrument penelitian adalah test berupa pilihan ganda yang diberikan sebanyak dua kali; pretest dan posttest. Teknik analisis data adalah uji hipothesis dengan menggunakan uji-t. Dari penelitian ditemukan bahwa nilai siswa yang menggunakan model CIRC lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan teknik umum yang digunakan guru, dimana rata-rata kelas experiment adalah 79.08 sedangkan kelas kontrol adalah 73.30. Setelah dilakukan uji-t, diperoleh thitung 4.48, sedangkan ttabel 1.99 yang berarti Hi diterima karena thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: “The Effect of Using Cooperative Integrated Reading Composition , Teaching Model in Teaching Reading Narrative
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Perpustakaan dan Penerbitan UNP
Date Deposited: 21 Dec 2025 16:24
Last Modified: 21 Dec 2025 16:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33856

Actions (login required)

View Item
View Item