Pertiwi, Sri Indah (2013) The Effect of Using Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Teaching Model in Teaching Reading Narrative and Hortatory Exposition Text at Grade XI Senior High School 1 Akabiluru. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
final_2_SRI_INDAH_PERTIWI_04659_3177_2013.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan design Pretest Posttest Control Group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Akabiluru. Pengambilan sample menggunakan teknik Random Sampling. Dari sample tersebut, peneliti menentukan kelas XI.IPS 1 sebagai kelas experiment, dan XI.IPS 2 sebagai kelas kontrol secara acak. Instrument penelitian adalah test berupa pilihan ganda yang diberikan sebanyak dua kali; pretest dan posttest. Teknik analisis data adalah uji hipothesis dengan menggunakan uji-t. Dari penelitian ditemukan bahwa nilai siswa yang menggunakan model CIRC lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan teknik umum yang digunakan guru, dimana rata-rata kelas experiment adalah 79.08 sedangkan kelas kontrol adalah 73.30. Setelah dilakukan uji-t, diperoleh thitung 4.48, sedangkan ttabel 1.99 yang berarti Hi diterima karena thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | “The Effect of Using Cooperative Integrated Reading Composition , Teaching Model in Teaching Reading Narrative |
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PR English literature |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris-S2 |
| Depositing User: | Perpustakaan dan Penerbitan UNP |
| Date Deposited: | 21 Dec 2025 16:24 |
| Last Modified: | 21 Dec 2025 16:24 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/33856 |
